Contack  :  (0967)5170487            E-Mail : smatigabuper@gmail.com

Login Forum PDK KLS XI – MIPA 1 TUGAS LAPORAN KEGIATAN KEWIRAUSAHAN.

TUGAS LAPORAN KEGIATAN KEWIRAUSAHAN.

Kembali ke kursus
Melihat 1 tulisan (dari total 1)
  • Penulis
    Tulisan-tulisan
  • #27970

    LAPORAN KEGIATAN KEWIRAUSAHAAN

     

    Disusun oleh :

     

    ·Menase Edowai

    Xl MIPA 1

     

    Kata Pengantar

     

    Puji serta syukur marilah kita panjatkan kepada kehadirat Allah SWT yang telah memberikan begitu banyak nikmat yang mana makhluk-Nya pun tidak akan menyadari begitu banyak nikmat yang telah didapatkan dari Allah SWT.

     

    Dengan nikmat dan hidayah-Nya pula kami dapat menyelesaikan penulisan laporan ini yang merupakan tugas sekolah. Penulis sampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada Guru.

     

    Penulis menyadari dalam laporan ini masih begitu banyak kekurangan-kekurangan dan kesalahan-kesalahan baik dari isinya maupun struktur penulisannya, oleh karena itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran positif untuk perbaikan dikemudian hari.

     

    Demikian semoga laporan ini memberikan manfaat umumnya pada para pembaca dan khususnya bagi penulis sendiri. Amin.

     

    Daftar Isi

     

    Kata Pengantar

     

    Daftar Isi

     

    Bab I Pendahuluan

    A. Latar Belakang Masalah

    B. Tujuan Usaha

    C. Pelaksanaan Kegiatan

     

    Bab II Pembahasan

    A. Proses Produksi/Proses Perekrutan Barang

    B. Proses Pemasaran

    C. Proses Penjuala

    D. Kendala yang dihadapi

    E. Laporan Keuangan/Laba

    F. Tabel Tanggapan Pelanggan

    G. Dokumentasi

     

    Bab III Kesimpulan

    A. Kesimpulan

    B. Saran

     

    BAB I

     

    PENDAHULUAN

     

    Latar Belakang Masalah

     

    Kewirausahaan (Entrepreneurship) adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi risiko atau ketidakpastian.

     

    Dalam tantangan bisnis termasuk dalam menghadapi customer maka sebagai siswa kita juga harus belajar dalam memasarkan suatu produk. Dalam tugas  Enterpreneurship ini kami mencoba melakukan sebuah usaha sederhana guna mendapatkan pembelajaran untuk menjadi seorang wirausahawan. Usaha ini di dasari oleh tugas kelompok kelas Enterpreneurship dimana tugas ini di kerjakan secara berkelompok.

     

    . Usaha yang kami jalankan merupakan sebuah usaha singkat yang mungkin bisa menjadi peluang bagi setiap individu untuk masa yang akan datang. Saat ini kami mencoba menawarkan produk yang berupa makanan ringan

     

    Tujuan usaha ini merupakan sebuah pencapaian  tujuan usaha yaitu profit, akan tetapi tidak hanya sekedar profit saja yang kami coba temukan melainkan penekanan pada pengalaman sebuah proses wirausaha. Karena melalui penjualan pemasaran ini kami dituntut untuk berinteraksi dengan orang banyak, bagaimana cara menawarkan dengan baik dan sopan, meyakinkan pembeli untuk memberi produk yang kita tawarkan dan memberikan pelayanan yang terbaik agar customer merasa puas.

     

    B.  B. Tujuan Usaha

     

    1.      Mempromosikan Produk yang kami jual

     

    2.      Dapat memahami hakekat kewirausahaan

     

    3.      Dapat memahami ciri – ciri dan karakteristik kewirausahaan.

     

    C. Pelaksanaan Kegiatan

     

    Kegiatan ini telah kami lakukan sejak mengikuti tugas sekolah entrepreneurship, dan kami mulai merencanakannya sejak akhir bulan febuari. Produk yang kami pasarkan berupa keripik singkong dan akar kelapa dengan varian berbagai rasa Kami memasang harga yang cukup terjangkau untuk anak anak sekolah, karena dalam usaha ini kami memasarkannya di sekitar sekolah, seperti kepada teman teman dan guru di sekolah, karena lokasi ini terbilang strategis dan mudah untuk menjual produk kami dan bertransaksi secara langsung dengan konsumen.

     

    BAB II

     

    PEMBAHASAN

     

    Proses Produksi/Proses Perekrutan Barang

     

    Produk yang dibuat memakai bahan baku yang di beli sudah jadi seperti keripik yang belum memiliki bumbu dan akar kelapa yang keduanya kami beli dari toko penjual makanan kiloan. Dan untuk varian rasa,untuk keripiknya kami beli bumbu berupa bubuk yang sudah jadi yang memiliki rasa pedas, keju, barbeque, dan sebagainya, untuk akar kelapa, kami membeli coklat batang, coklat putih batang, gula halus, dan bubuk green tea. Lalu kami beri dengan berbagai rasa seperti untuk keripik di beri rasa asin maupun pedas, dan akar kelapa yang di beri berbagai rasa manis. Setelah di beri rasa, makanan tersebut lalu di masukkan ke dalam kemasan pembungkus plastik, setelah itu di press agar tidak ada udara yang masuk maupun keluar, dan di beli label merek yang telah di print di kertas, dan produk kami siap di pasarkan.

     

    B.    Proses Pemasaran

     

    Untuk pemasaran produknya, kami mulai memasarkannya dengan cara dari mulut ke mulut terlebih dahilu pada teman dekat kami, keluarga dekat, dan teman teman di sekolah. Lalu kami mencoba memasarkannya kembali lebih luas melalui dengan cara membuatkannya akun media sosial.

     

    C.      Proses Penjualan

     

    Pada proses penjualan, produk menjualnya dengan cara menawarkan secara langsung produknya kepada teman dekat, keluarga dekat, dan teman teman yang berada di kampus sehingga mereka berminat untuk membeli, dan untuk yang ingin membeli tetapi berada di tempat yang jauh sehingga tidak dapat membeli langsung, dapat menghubungi kami sehingga nantinya dapat kami kirimkan melalui pos.

     

    D.       Kendala yang dihadapi

     

    Tentunya selama menjalankan usaha ini pasti ada kendala-kendala yang sering kami hadapi. Kendala-kendala tersebut antara lain:

     

    1.    Tidak terlalu banyak waktu saat berjualan dikarenakan jadwal sekolah yang cukup padat dan mengerjakan tugas sekolah yang lain

     

    2.    Harga bahan/makanan ringan yang tidak menentu

     

    E.    Laporan Keuangan dan Laba

     

    Modal awal kami membeli seluruh cemilan kepada agen dengan harga Rp.60.000. Dari modal awal kami mendapatkan 30 pcs/bungkus makanan ringan yang sudah kami kemas. /pcs makanan ringan kami di bandrol dengan harga 3000 s/p 5000 rupiah. 15 kripik /pcs harganya Rp.3000 dan 15 untuk akar kelapa rasa coklat dan greentea /pcs harganya Rp.5000

     

    -15 x 3000 =   45.000

     

    -15 x 5000 =   75.000    +

     

    120.000

     

    Laba:

     

    Modal awal Rp.60.000

     

    120.000-60.000= 60.000

     

    Kami mendapatkan laba/keuntungan Rp.60.000

     

    F.    Tabel Tanggapan Pelanggan

     

    No

     

    Tanggapan Pelanggan/Konsumen terhadap produk kami

     

    Jumlah

     

    1

     

    Bagus

     

    10

     

    2

     

    Cukup bagus

     

    15

     

    3

     

    Cukup

     

    5

     

    4

     

    Sangat buruk

     

    0

     

    G.   Dokumentasi:

     

     

    BAB III

     

    PENUTUP

     

    A.   Kesimpulan

     

    Kesimpulan dari kegiatan kewirausahaan yang telah kami lakukan adalah bahwa siswa sangat memerlukan proses pembelajaran seperti ini. Menawarkan dan menjual produk terhadap lingkungan sekitar sekolah memiliki banyak manfaat untuk menjadi seorang wirausahawan yang handal dan sukses. Dan dapat kami simpulkan bahwa modal bukanlah segalanya dalam dunia usaha seperti ini, jika ada kemauan dan keinginan untuk berusaha pasti kita dapat melakukannya. yang terpenting adalah kita lihat dan teliti peluang yang ada serta berbagai hal yang penting seperti segmentasi, target dan lain-lain.

     

    B.   Saran/Tanggapan

     

    Saran yang ingin kami sampaikan yaitu semoga dalam Tugas selanjutnya, kegiatan Praktek Lapangan seperti ini tetap bisa dilaksanakan dan ditingkatkan lebih baik lagi. Karena sangat bermanfaat bagi siswa/i yang ingin menjadi seorang wirausahawan yang handal. Kegiatan ini dapat menjadi proses awal bagi siswa untuk terjun langsung di dunia bisnis. Dan peluang bisnis yang mungkin sangat potensial di lingkungan STMIK RAHARJA adalah bisnis pangan, sehingga perlu dilanjutkan secara continuity

Melihat 1 tulisan (dari total 1)
  • Anda harus log masuk untuk membalas topik ini.